Selasa, 01 Oktober 2013

TUGAS I


Bagaimana kemajuan koperasi sejak pertama kali didirikan hingga saat ini berdiri ?
Hal – hal apa saja yang telah di capai koperasi ?

Pada tanggal 12 Juli 1947 pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi pertama di Tasikmalaya, kemudian ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia. Menurut Drs.Muhammad Hatta (Bapak Koperasi Indonesia), koperasi merupakan lembaga ekonomi yang cocok diterapkan di Indonesia. Karena sifat masyarakat Indonesia yang kekeluargaan, dan sifat inilah yang sesuai dengan azas koperasi saat ini.
R.Aria Wiriatmadja memperkenalkan koperasi kepada masyarakat Indonesia pada tahun 1896 di Purwokerto. Beliau mendirikan Koperasi Kredit yang bertujuan membantu rakyatnya yang terjerat hutang dengan para rentenir.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSNCexbvWZ9vxsNYiqr6Va2YbMKNT9jDnDjWn7udmwz_XC3Z-bmYAv0UjNtjYZgopPxImExx3abdq6BfIl76kvS8QwQ25AxtDXhYp685lf0LV62v89_r8DmyN7CQliP46B9oj9hR3sf8g/s320/bbbbbbbbbbbbb.png
Koperasi di Indonesia tentulah terjadi yang namanya pasang surut di dalam dunia koperasi , Bukan berarti disini koperasi tidak megalami kemajuan, hanya saja kemajuannya itu sendiri tidak langsung dirasakan oleh masyarakat luas dari semua golongan. Yang sangat merasakan majunya koperasi itu sendiri hanyalah masyarakat dari golongan menengah ke bawah. Hal tersebut tentu saja memprihatinkan karena koperasi hanya dikenal sebagai wadah untuk memenuhi kebutuhan hidup beberapa golongan masyarakat saja entah itu kebutuhan konsumsi maupun pinjaman. Dimana koperasi masih dianggap sebagai suatu lembaga kasta kedua dibawah lembaga-lembaga keuangan seperti perbankan yang sangat marak dan berkembang pesat di seluruh pelosok nusantara. Padahal jika masyarakat lebih mengetahui lagi fungsi, peran, dan manfaat dari koperasi itu sendiri secara mendalam, koperasi bisa menjadi salah satu lembaga yang lebih maju lagi di negeri ini. Karena pada dasarnya prinsip koperasi itu sendiri adalah memenuhi semua kebutuhan dan memberikan pinjaman kepada semua golongan masyarakat, bukan kepada masyarakat golongan tertentu saja.

 oleh karena itu marilah kita meningkatkan kesadaran dari diri kita masing - masing dalam usaha untuk meningkatkan koperasi di Indonesia  dengan cara  meningkatkan kinerja anggota koperasi dengan cara memberikan training atau pelatihan kepada anggota koperasi terus kita juga bisa memodifikasi produk yang ada , dengan memodifikasi produk-produk yang ada dikoperasi , kiranya akan meningkatkan selera masyarakat sehingga tertarik untuk mengkonsumsi produk dari koperasi tersebut dengan menyesuaikan dengan perkembangan zaman dari tahun ke tahun dan juga memperbaiki koperasi secara menyeluruh , kita harus menjadikan koperasi yang ada Indonesia ini sebagai koperasi yang baik dan mari kita memberi perubahan yang ada untuk lebih mensejahterkan koperasi Indonesia agar menjadi lebih baik lagi.


Berikut ini merupakan hal – hal yang telah di capai koperasi
1.     Berupaya mensejahterakan seluruh anggota koperasi.
2.     Memberikan pinjaman dengan bunga yang cukup rendah jika di bandingkan dengan bank pada umumnya
3.     Keuntungan yang di terima oleh koperasi di kembalikan kembali kepada anggota dalam bentuk deviden setiap tahunya
4.     Memberikan pinjaman kepada para UKM yang ingin  mengembangkan usahanya
5.     Memberikan solusi kepada setiap anggota yang ingin memulai suatu usaha untuk meningkatkan taraf hidup yang diinginkan.



 sumber:http://nadyariess.blogspot.com/2013/09/ekonomi-koperasi-part-1.html 
r:
s


Tidak ada komentar:

Posting Komentar